20 Mei 2011

OSK

ohayo kawan,...

setelah melalui hari2 yg saangat melelahkan, akhirnya ingin kuteriakkan AAAAAAAAAA *ini teriakan lebe dari orang yg terbebas dari penderitaan berkepanjangan* hahaaai....


nggak terasa, sudah berlalu sebulan lebih OSM astro, beberapa minggu yang lalu aku baru melewati "olimpiade" astronomi yang sesungghnya. OSM yg pertama kali diadakan itu kurasa masih 'kurang persiapan'. bayangin aja kawan, masa lagi olimpiade gak ada nomer urut peserta, gak boleh pake kalkulator, pengawasnya caper nyebelin ngajak ngomong sok gaul gitu, dan ada yang nyontek anak MAN yang dipojokan sana. dalam hatiku kalo flashback sih cuma mau ngomong, "bathiiin bathiiiin" (pake tho tanwin)

beberapa minggu yang lalu, pra OSK u/ mewakili wilayah jak-sel dimulai. aku dan dua adik kelasku yang menyebut kami 'three wonder glasses girls' (dengan alasan yg gak jelas dari kumpulan anak sarap) pergi ke SMAN 8 berharap masuk 25 besar u/ lanjut ke tahap slanjutnya.

dan berkat kuasa Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillah kita bertiga lolos (pake adegan melo Latifa sujud di samping tong sampah, maklum tak kuasa menahan rasa senang), terus kami langsung ngebet dispen dari pelajaran sampe pulang nanti u/ platihan, kluar kelas bawa tas pake muka sok intelek (dalam pikiran udah jungkat jungkit dapet platihan pertama) kita ke SMAN 8.

Alhamdulillah u/ kesekian kalinya, rupanya Utik, Iin, Mila, Aisyah (pada manggil 'pejo' gak jelas namanya dapet darimana), Ryan ikut lolos seleksi.

Ya Allah,.. satu hal dalam pikiranku. "aku suka astro jadi bukan masalah besar kan goes OSN,..." (amiiin). Tapi itu salah besar. TIDAAAAAK soalnya susah banget! untung aja bukan aku yg ngerasa paling bego sekelas.
Pak Wid   : kamu maju ya bahas soal nomer 7 (nunjuk ke Utik)
Utik          : haaah?! (tampang cengo sambil kalap, langsung nanya sama aku) ini gini ya maay?
Maya        : (tampang sok bisa padahal males2an bgitu dapet soal) apaa?? hm.... (sok mikir) iya mungkin...
Utik          : (nanya kanan kiri atas bawah) pake fungsi turunan ya?
Maya        : oh ya coba ajaa.... kok jawabanku segini ya? (ujung2nya ternyata jawabanku yang salah. JEGEEER)
Utik           : --a ... tuuuuuuut

akhirnya aku sudah bisa mengklasifikasikan ordo manusia di kelas itu.
Golongan Ia   : anak yang getol rumus (fisika+mtk+astrofisika) = jenius, anak OSN tahun lalu.
Golongan III  : anak yang bertampang sok cuek (mungkin biar dikira) ngerti. tapi entah kalo dikasih materi isi otaknya lagi kemana daah....
Golongan V   : kalo di bintang, ini deret utama, artinya spesies yang paling mendominasi. was2 kalo ditunjuk maju, udah ditunjuk rebek sendiri, kalap nyari jawabannya

ditambah lagi, ada Sabrina anak 8 yang keren loh! Dia tahun lalu (waktu masih kelas X) peraih medai perunggu dan dapet penghargaan sbagai siswa berprestasi, di tahun ini ikut lagi. jadi, tiap garuk2 pala, tinggal nanya sama master peraih OSK tertinggi.

 mungkin berbekal bakatnya pak Wid mendongeng crita, platihan di ruang audiovisual itu lebih mirip freezer tidur raksasa. tiada hari platihan tanpa tidur! untungnya platihan perwakilan anak2 jaksel berlangsung 2 hari... dan di minggu berikutnya, kita perwakilan anak2 seluruh jakarta bakal ada platihan 2 hari di SMAN 68 u/ hari ketiganya seleksi pra OSK. total perwakilan anak seJakarta yang berjumlah 127 itu bakal disaring hingga 70 peserta.

nah, hari pertama di SMAN 68, anak MAN 4 rada rebek gitu. pertama, kita kumpul di sekolah. Lagi nunggu kdatangan satu teman kita. bareng Bu Wi, kita bakal pergi satu mobil dengan Imas, anak kimia. Rutenya sih ke Cijantung dulu baru ke Salemba. berhubung skolah 39 tempat platihan kimia letaknya jauuh skali, jadi mau nggak mau harus datang lebih pagi.

di pagi itu, kita ketemu sama BM (nama guru disamarkan agar tidak menimbulkan intrik berkepanjangan).
BM   : aisyah,.. maya,.. Imas,.. rajin skali kalian ke sekolah? (Latifa belom dateng)
Ais    : (ngangguk2) iya pak, mau ada platihan.
BM   : platihan apa?
Ais    : buat olimpiade, pak.
BM   : oooh.. olimpiade. kamu ikut apaan?
Ais    : astro pak, bareng kak maya sama latifa. kak imas ikut kimia.
BM   : oooh ayo berjuang ya. udah dikasih duit blom sama Bu Wi? (nah disini kupingku mulai joget2 nih)
kak Firman : belum pak, kita belum ketemu Bu Wi juga kok
(asiiik, BM langsung ngorek2 kantong ngambil dompetnya seraya menyodorkan uang ke kita buat jajanan anak astro. sambil jingkrak2 dalam hati, harusnya aku sujud syukur tuh!)
dan dengan itu, sepanjang perjalanan terasa lebih menyenangkan.

spanjang perjalanan, aku cuma inget lagi pamer2an sama anak2 kalo "kita lagi terjebak macet looh.. * pamer nih*olalaa~)
mila : gue lagi pergi dulu (yg jelas pake rute ribet yg jauuuh..)
sabrina : udah nyampe doong *bangga juga*
utik : maya udah nyampe mana?
iin : aku juga lagi kejebak macet nih
mentari : aku masih dijalan juga kok
oke, dengan begini, aku tenang2 aja kalo platihan pun, Local Indonesia Time masih berlaku hahaaai!

akhirnya, kita dateng dengan kikuk ke skolah yang letaknya pas banget di samping perpus nasional dan langsung disuruh bagi kelas. sampailah aku ke kelas Merkurius, latifa dapet Venus dan Ais dapet Mars. ngebet buru2, dapetlah bangku paling depan.

pemateri pertama adalah materi yang paling kuinget dan paling seru. guru Penabur yg ngasih materi fisika dasar. sumpah! keren banget ngajarnya seru! sementara itu, spanjang hari tak lupa aku tidur spanjang kelas. pede banget padahal duduk di depan. nah, hari setelahnya masih berlangsung platihan dan slama 2 hari itu, di penghujung acara tak lupa ada try out.

tadi pagi, Alhamdulillah setelah ujian pra-OSP u/ tahap penyeleksian anak2 perwakilan jakarta dan besok pengumumannya. Ya Allah, berikanlah yang terbaik untuk kita semua amiiiin...

hidup OSN, hidup otak stress. Yeaaaah!!!

Islam