17 Des 2010

Dasar Teori Relativitas

halo, kawan.
seperti yang kalian tahu, foto di atas, si ganteng keturunan Jerman yang imigrasi ke USA, Albert Einstein. ahli fisika yang terkenal dengan teorinya tentang relativitas dan rumus e=mc2 (sebenarnya aku gak ngerti dengan pasti penjelasan rumus itu)

Dasar terbentuknya teori relativitas (sejauh pemikiran dangkal yang saya ketahui) adalah sebuah 'imajinasi' dan kesadarannya akan kelemahan teori newton.


teori mekanika newton (yang umumnya diketahui) masih ingat, kan?
1. F=0 , inersia/kelembaman
2. a=F/m
3. F aksi= -F reaksi
einstein menyadari kelemahan dalam hukum newton 2 yang menyatakan a=F/m. logikanya sih begini, kita pake pemikiran kompleks sederhana diferensial. jika a=F/m dan v=at (ini turunan) maka, v=Ft/m.
ini, coret2an orang intelek

Nah, di sini permasalahannya. sebuah fakta melalui penelitian adalah, kecepatan nggak ada yang bisa melebihi kecepatan cahaya, yaitu 3x10pangkat 8m/s. jika rumus newton itu diaplikasikan pada kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya, maka nggak bisa digunakan. jelas saja, logikanya, karena F berbanding lurus dengan v, berarti jika diberikan F tidak terbatas, maka v tidak terbatas juga??

tutor saya (waktu itu tanya lagi) dan dia bilang, "makanya, ada 2 mekanika yang dipakai. mekanika newton untuk kecepatan biasa (ya.. seperti pengaplikasian di kehidupan sehari-hari) dan mekanika einstein yang khusus dipakai untuk mencari kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya,"

logikanya begini. pernyataan tentang relativitas masalah, "waktu semakin melambat pada gravitasi yang semakin besar," seperti yang sudah saya tuliskan di posting sebelumnya (black hole-2) itu begini:

umpamanya, kita biasanya mengerjakan satu soal selama 10 menit. tiba2, kita kerjakan soal itu selama 1/2 detik! (impossible thinking banget) itu mendekati kecepatan cahaya, kan? nah, saat kita mengerjakan soal tersebut (yang pada dasarnya sama2 melakukan aktivitas mengerjakan soal), kebiasaan 10 menit menjadi 1/2 detik, artinya 10menit=1/2 detik. dan 1/2 detik itulah yang berjalan lama bagi kita yang mengerjakannya mendekati kecepatan cahaya. yaaah, ini contoh sederhananya sih.

sementara kecepatan (v) semakin lama, dan v berbanding lurus dengan gravitasi (percepatan), inilah penyebab munculnya teori relativitas, "gravitasi membesar, waktu yang berjalan semakin lama,"

saya kurang tahu, ini nyambung apa nggak. tapi, seenggaknya terkait masalah tahun;
jika umurku di bumi adalah 15 tahun. maka umurku di Merkurius sekarang adalah 64 tahun, sementara di venus adalah 25 tahun, di Mars 8,2 tahun, Jupiter 1,3 tahun, Saturnus 0,52 tahun, Uranus 0,18 dan Neptunus 0,09. hal ini disebabkan oleh perbedaan revolusi planet terhadap matahari.

jadi, kalau saya tinggal di pluto, maka ulang tahunku selanjutnya adalah di 2244! hahahaha,.. kocak3x...

Islam