30 Jan 2011

tanya mengapa?

dulu, waktu aku sebego2nya, ada beberapa pertanyaan yang menggantung di pikiranku dan alhamdulillah sekarang aku sudah ketemu jawabannya. hehehe...

1. fakta bahwa bumi berotasi, mengapa saat kita menjatuhkan benda (umpamanya) batu, kenapa dia tetap jatuh lurus ke bawah?

kawan, faktanya, bumi itu berotasi. saya sempat bertanya pada guru, sok tahu menantang tentang kepercayaan manusia masalah geosentris dan heliosentris. jawaban gampang, bahasa sederhananya sih, bumi dan se-atmosfer2nya itu satu kesatuan. jadi, gak bisa kita andaikan kalau kita terbang naik pesawat dari Indonesia ke Iran memakan waktu 9 hari, padahal bumi kan berotasi, pake aja pemikiran logis kayak gini. kita terbang naik helikoper, diam aja beberapa jam. bumi kan berotasi, nanti juga sampe di iran. kalau sehari rotasi, nanti kita balik lagi ke indonesia. ternyata gak segampang itu, karena dari inti bumi sampai jauh ke atas lapisan atmosfer bumi itu ikut berotasi dan berputar. makanya, kalau astronot dari luar angkasa gak bisa jatuh kembali ke tempat yang sama dengan saat dia pergi karena bumi berotasi. begitulah kawan,


2. fakta kalau kandungan nitrogen di bumi lebih dari 70% ketimbang oksigen. mengapa di biologi gak pernah ada cerita manusia menghirup nitrogen?

Nitrogen itu yang memiliki kandungan terbanyak di bumi, komposisinya menguasai lebih dari 70%nya sedangkan apa yang manusia hirup adalah oksigen cuma berkisar 20%an. ternyata, ceritanya itu kandungan nitrogen sebanyak itu hanya bisa dihirup oleh beberapa makhluk hidup, yakni tumbuhan. hidung paru2 kita gak bisa menghirup itu, karena memang, nitrogen itu berfungsi untuk penyuburan tanaman dan keberadaan pangan demi memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Islam