7 Feb 2011

Messier object

halo kawan, sudah cukup lama rupanya absen di tempat ini.

cukup dipenuhi kesenangan akan astronomi belakangan ini, jadi ada beberapa info yg (sebenarnya baru kuketahui) menarik.

kalau bahasa biologinya, sistem tatanama binomial nomenclatur, mungkin. kalau di astronomi, sistem tatanama yang terkenal itu, M (untuk Messier), NGC (untuk new general catalogue) dan masih banyak lagi, sih. yang paling terkenal adalah yang satu ini, M.

Messier sendiri adalah seorang astronom asal Prancis yang mengklarifikasikan objek-objek astronomi seperti gugus-gugus bintang dan nebula.


objek-objek Messier yang terkenal adalah=

M1

objek messier yang paling terkenal ini sering disebut crab nebula, diameter sudutnya 11" dan berada di rasi Taurus. nebula ini adalah sisa supernova yang terjadi pada tahun 1054 di Cina, saat terlihat cahaya putih berkilau terang, kayak matahari ada dua. itulah supernova, jadi, di tengah-tengah nebula tersebut terdapat pulsar yang masih aktif memancarkan gelombang radio. seingetku sih, pulsar crab nebula sangat membantu u/ mengetahui keberadaan pulsar di jagat raya, sekaligus mengetahui kalau titan punya atmosfer, apalagi atmosfer tebal dengan komposisi nitrogen.

M2

objek ini biasa disebut globular cluster, artinya terdiri dari kumpulan bintang-bintang ber-globular/membola. jadi, bintang-bintang ini berkumpul membola, lebih mirip cluster (kumpulan). terletak di rasi Taurus juga.


M8

Umumnya lebih terkenal dengan sebutan lagoon nebula. letaknya di rasi sagitarius, (tapi sebenernya kalau dilihat di stellarium gak tepat-tepat amet sih...) jauhnya sih 4.000-6.000 TC (ingat, 1 TC = 150juta km)

M16

ini sih lumayan terkenal, eagle nebula di rasi sarpens. tepatnya, terkenal gara2 aktif terjadi reaksi kondensasi bintang. selain itu, eagle nebula adalah open cluster.

M20


tirifid nebula, tepatnya di konstelasi sagitarius.

M31

gak perlu dipertanyakan lagi, ini salah satu objek messier yang paling terkenal, yang bahkan di buku anak sma kelas 1 sudah diperkenalkan. lebih terkenalnya disebut "andromeda", salah satu galaksi yang paling dekat dengan bima sakti. dan perlu diketahui, hukum hubble yang menyatakan alam semesta mengembang karena pergeseran garis merah dalam spektrum, sehingga antara objek dalam jagat raya bergerak saling menjauh, andromeda satu2nya galaksi yang bergerak mendekat bima sakti u/ beberapa alasan yang tak diketahui, jadi di masa depan besar kemungkinan andromeda dan bima sakti saling bertubrukan. tapi, masih dalam berjuta-juta tahun ke depan. letaknya di rasi andromeda.

M42

sama kayak andromeda, yang ini juga termasuk yang paling populer. orion nebula. skali lihat gambarnya, ktauan kan kalau orion nebula masih tergolong "sangat aktif" menghasilkan cikal bakal bintang, lagi ngebentuk energi stabil untuk reaksi fusi hidrogen helium. letaknya di rasi orion.

M45

pleiades, atau biasa disebut the seven sister, letaknya di rasi Taurus. tipe open cluster (liat gambarnya beda dari M2, kan? M2 lebih merapat membola sedangkan M45 terbuka -terpisah-berjauhan)

M104

aku lumayan suka nama galaksi yang kupikir paling unik. biasa disebut "sombrero galaxy" yang letaknya di rasi virgo dengan bentuk spiral.

Islam