8 Feb 2011

penanggalan astrologi + rasi ophiuchus

halo, kawan
kali ini, saya mau ngebahas tentang satu topik astronomi yang lagi marak2nya, "rasi ophiuchus".


sekilas terdengar, jarang ada orang yang tahu tentang rasi ini. mungkin memang namanya susah disebut atau gambar ularnya yang buat dia nggak menarik, yang jelas, rasi ini cukup dekat dengan sagitarius (coba buka stellariumnya).


sebenarnya, kalau kita kembali ke pengertian "zodiak" sendiri, dari 88 rasi bintang, kenapa cuma 12 rasi yang disebutkan? pemikiran konyol bakal bilang kalau "12 rasi dipilih u/ ilmu astrologi karena yang gambarnya yang paling keren,..." -_____-

tabel zodiak


sebenarnya, 12 rasi dalam keilmuan astrologi itu kegunaan aslinya bukan kayak yang kita lihat di majalah2 soal keberuntungan atau embel2 konyol lainnya. tapi, itu menandakan revolusi bumi, soal garis eplitika. jadi, sistem penanggalan kalau desember merupakan rasi sagitarius, artinya karena gerak revolusi bumi mengelilingi matahari, dari bumi terliat bahwa matahari sedang berlatar rasi sagitarius, dan demikian seterusnya.

garis ekliptika melewati rasi dalam zodiak
nah, karena gerak presisi bumi setiap 26.00 tahun sekali, artinya, nggak selamanya bumi berevolusi mengitari 12 rasi tersebut, adanya pergeseran (paling nggak pergeseran sekecil apapun), kalau dihitung dalam jangka waktu yang lama akan terlihat besar perbedaannya, sehingga para astronom sadar kalau makin lama, garis eplitika ikut melewati rasi ophiuchus. jadi, perbedaan ini akan terlihat sangat jelas ketika ribuan tahun

sama saja, karena gerak presisi bumi, untuk sekian ribu ke depan, nggak selamanya bintang polaris akan menjadi bintang sirkumpolar di titik zenith. hal ini juga yang terjadi pada sistem penanggalan georgian dan julius caesar.

Islam